Cari Blog Ini

film upin dan ipin

Upin dan Ipin adalah sebuah serial televisi buatan salah satu perusahaan di negeri Malaysia. Walaupun buatan Malaysia, namun tayangan ini sangat disukai dan banyak dibicarakan oleh masyarakat kita. lihat saja respon yang ada di internet tentang tayangan ini. Sebagian besar menilainya sebagai tayangan yang bernilai positif, utamanya untuk putra putri tercinta, selain nilai kelucuan yang nggak pernah ketinggalan dari tanyangan dalam bentuk animasi seperti ini. Namun sebagian lagi ada yang kurang bisa menerima tayangan ini, memang kebanyakan bukan karena film-nya nggak bagus, tapi lebih karena ketidaksukaan pada negara pembuatnya. Secara, waktu peluncuran tayangan ini, kebetulan negara kita dan malaysia sedang ramai-ramainya berseteru mengenai klaim kebudayaan.


Yang menarik dari tayangan ini, selain tampilan animasinya yang menawan, unsur pendidikannya sangat kental, terutama tentang akhlak dan perilaku yang benar, khususnya untuk orang islam. Setting waktu yang digunakan dalam tayangan ini adalah pada bulan Ramadhan dan Hari Raya, yang tentu saja dengan judul dan alur cerita yang berbeda-beda. Seperti misalnya, awal puasa, tarawih, lailatul qadr, zakat fitrah, dan banyak lagi yang lainnya.

Jelas kalau dibandingkan dengan sinetron, atau infotainment yang akhir-akhir ini mendominasi tayangan di layar kaca, bahkan film kartun yang mengandung kekerasan, film animasi buatan Malaysia ini jauh lebih baik dan bermanfaat, utamanya buat anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga nantinya diharapkan bisa belajar hal-hal yang positif dari film animasi seperti ini.

Masalahnya, sampai saat ini, belum ada karya seperti itu yang diciptakan oleh masyarakat kita, untuk memikirkannya pun belum. Padahal, kalau memang bicara tentang keuntungan (manusia normal memang selallu mikir untung terus kan?), film animasi seperti ini akan punya banyak keuntungan. Lihat aja konten-konten dari operator. Upin dan Ipin kini tersedia dalam bentuk wallpaper, screensaver, suara peringatan SMS, dan beberapa konten yang lainnya. Jadi, selain bisa mendidik anak bangsa untuk menjadi yang lebih baik, pengusaha atau animator juga bisa mendapat keuntungan yang banyak dari bisnis ini. Belum lagi kalau tema yang kita angkat adalah pariwisata atau keterampilan dalam bidang-bidang tertentu, bukankah itu bisa meningkatkan kesejahteraan bangsa ini?

Lalu kapan ya mereka buat Upin dan Ipin versi Indonesia? Tunggu aja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar